Senin, 07 September 2020

Mengenal Qiraat dan Sejarahnya

 Qiraat.

Pengertian Qiraat.

Qiraat ditinjau dari bahasa merupakan jama' dari qira'ah yang berarti ragam bacaaan. Sedangkan secara istilah banyak ahli berpendapat sebagai berikut.


Abu Syamah al-Dimasyqi : Qiraat adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tata cara melafalkan beberapa kosakata Al-Qur’an dan perbedaan pelafalannya dengan menisbatkan pada orang yang meriwayatkan.


M. Ali As-Shobuni : Qiraat adalah salah satu mazhab dari beberapa mazhab artikulasi (kosakata) Al-Qur’an yang dipilih oleh salah seorang Imam Qiraat yang berbeda dengan mazhab lainnya serta berdasarkan pada sanad yang bersambung pada Rasulullah saw.


M. Zarqani : Qiraat adalah salah satu mazhab yang dipakai oleh salah seorang Imam Qiraat yang berbeda dengan lainnya dalam hal membaca Al-Qur’an.


Dari paparan ahli diatas maka ditarik kesimpulan bahwa sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang cara melafalkan suatu kosa kata bahasa arab di dalam al-Qur'an yang merujuk kepada imam qiraat yang telah memiliki muttashil al-sanad (bersambungnya sanad) sampai ke Rasulullah saw.


Sejarah Lahirnya Qiraat.

Sama seperti yang kita tahu bahwa semua keilmuan di bidang keislaman telah ada sejak zaman Rasulullah saw. Seperti hadits, tafsir, ulumul qur'an, qiraat, dll. Pada zaman Rasulullah saw. banyak para sahabat mendengar keragaman bacaan yang dibacakan oleh Rasulullah saw. dengan tujuan agar para sahabat yang mendengar bisa menyesuaikan menurut kemampuan mereka. Di masa itulah banyak para sahabat mempelajari ragam qiraat yang ada bersama dengan Rasulullah saw.


Qiraat berkembang pada masa sahabat akan tetapi tidak sampai melahirkan suatu keilmuan di bidang qiraat ini hingga akhirnya pada masa tabi'in ini banyak juga dari golongan tabi'in mempelajari qira'at dengan sanad yang bersambung kepada Rasulullah saw. Dari golongan tabi'in pula lahirnya imam qiraat yang sampai detik ini kita kenal namanya jika membahas tentang qiraat dan pada akhirnya Yahya bin Ya'mar (seorang murid Abu Aswad Ad-Duali) membuat buku yang didalamnya hanya memfokuskan satu qiraat saja, dan Ikhtilafat Mashahif al-Syam wa al-Hijaz wa al-‘Iraq karya ‘Abdullah bin ‘Amir (w. 118 H).


Daftar Pustaka.

Ad-Dimasyqī Abū Syāmah, Ibrāz al-Ma‘āniy min ¦irz al-Amāniy fī al-Qirā’āt as-Sab‘. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1980.


Daftar Pustaka.

Al-Qaththān, Mannā‘, Mabāhits fī ‘Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Fikr.


A¡-Sābūnī, Muhammad ‘Alī, At-Tibyān fi Ulūm al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Irsyād.


Az-Zarqānī, Muhammad ‘Abd al-‘Azīm. Manāhil al-‘Irfān fī ‘Ulūm al-Qur’an, Jilid I. Kairo: al-Halabī.


Isma’il, Nabil bin Muhammad Ibrahim Ali,‘Ilm al-Qira’at: Nasy’atuhu Atwaruhu Asaruhu fi ‘Ilm al-Syari’at, Riyad: Maktabah al-Taubah, 1419 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar